-->

Profil Hamba Tuhan

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Seorang Hamba Tuhan yang memiliki kerinduan untuk dapat memberkati banyak orang melalui Pastoral Konseling, dengan berbagai hal dan cara, salah satunya adalah melalui fasilitas dunia maya (Internet). Riwayat Pendidikan Teologi: - Sarjana Theology (S. Th) jurusan teologi, 1999. - Master of Art (M. A) jurusan Christian Ministry, 2002. - Master of theology (M. Th)Thn 2010. - Doctor of Ministry (D. Min)Thn 2009. God Bless You All.

Pendahuluan

Shallom, selamat datang di blog saya Pdt. Denny Harseno, M. A., D. Min. Saudara, saya senang sekali jika dapat memberkati saudara sekalian melalui setiap tulisan-tulisan dan artikel-artikel yang ada pada blog ini. Jika saudara ingin membaca setiap tulisan-tulisan dan artikel-artikel terdahulu yang ada pada blog ini, saudara cukup memilih label daftar isi blog atau dengan memilih pada arsip blog yang ada di samping kiri blog ini, dan silahkan mengisi buku tamu blog saya dibawahnya, agar saya dapat mengetahui siapa saja yang telah berkunjung diblog saya. Terima kasih atas perhatiannya, Tuhan Yesus Kristus memberkati.

22 April 2009

MENJAGA HATI, MENJAGA HIDUP DAN MENJAGA HUBUNGAN DENGAN TUHAN



Matius 5:8



Bapak ibu yang terkasih di dalam Tuhan kalau ada yang bertanya diantara tubuh kita yang paling penting itu apa? Salah satunya adalah hati, mengapa demikian? Seperti nats diatas hati yang suci bisa melihat Allah. Adalah suatu yang kita dambakan bersama. Hati bisa menentukan mati dan hidupnya seseorang.

Dalam arti jasmani apabila orang sakit atau rusak hatinya (lever) itu namanya mengidap penyakit hepatitis yang bisa mematikan orang tersebut. Arti rohani apabila sakit hati (akar pahit, kecewa, dendam) ini juga bisa mematikan rohani kita dihadapan sesama dan Tuhan.

Maka dari itu ada ungkapan dalam kalimat yang terbentuk dari kata hati contohnya : hati-hati, sakit hati, patah hati, tawar hati, iri hati, keras hati, remuk hati, tinggi hati, panas hati, sesuka hati, makan hati. Dan juga dari kata hati bisa membentuk kalimat ekspresi seperti : baik hati, jatuh hati, patah hati, sedih hati, lembut hati, senang hati, buah hati, permata hati, suara hati, tinggi hati, tawar hati, rela hati, isi hati, jantung hati, sampai hati, tulus hati, suka hati, menarik hati, remuk hati, panas hati, dsb.

Dari sekian banyak jumlah kalimat yang dibentuk dari kata hati. Sudah barang tentu hati, baik jasmani maupun rohani adalah penting. Maka dari itu kegunaan hati bisa dibagi ke dalam tiga bagian di dalam setiap pergerakkan dalam kehidupan kita, sebagai berikut :

1. Hati sebagai pusat intelek atau kreasi :
- 1 Samuel 1:12-13 → Hana meminta anak
- Mazmur 119:11 → Menyimpan firman Tuhan
- Mazmur 140:3 → Merancang dalam hati
- Kisah 5:1-3 → Ananias dan Safira hatinya berbohong
- Markus 7:21-23 → Hati yang jahat

2. Hati sebagai pusat perasaan :
- Mazmur 51:19 → Hati yang bertobat
- Yesaya 57:15 → Hati yang dihidupkan
- Matius 11:29 → Hati yang lembut dan murah hati
- Yesaya 29:13 → Hati yang menjauh daripada Tuhan

3. Hati sebagai pusat kehendak :
- Yesaya 57:17 → Hati yang murtad
- Yosua 24:23 → Hati yang tunduk kepada Tuhan
- Mazmur 21:2-3 → Hati yang rindu diberkati
- Roma 10:1 → Hati yang mengingkan orang lain diselamatkan
- Kejadian 3:6 → Hati yang mengikuti perkataan iblis
- Amsal 4:23 → Hati sebagai cahaya kehidupan

KESIMPULAN
Dengan demikian bapak ibu yang terkasih di dalam Tuhan. Dengan melihat begitu banyak firman Tuhan yang mengatakan dan menyatakan tentang hati, betapa hati itu harus terjaga harus hidup dan harus benar-benar tetap berhubungan dengan Tuhan. Kalau kita mau mendapatkan : kesembuhan, berkat dan mujizat sepanjang umur kita. Hati-hati dengan hatimu dan harus dijaga sampai mati, haleluyah Amin.

0 komentar:

Posting Komentar